Home > SMS Gateway, Visual Basic > Membangun SMS Gateway dengan Gammu, MySql dan Visual Basic

Membangun SMS Gateway dengan Gammu, MySql dan Visual Basic

February 24th, 2011

Dalam blog ini saya akan mencoba mengurai secara detil cara membangun sebuah aplikasi SMS Gateway dengan menggunakan Sofware aplikasi berbasis open source gammu dan database MySql. Software yang digunakan utuk membangun aplikasi SMS Gateway ini saya  menggunakan Visual Basic 6.

Apa itu SMS?

Short Message Service atau disingkat SMS bukan teknologi yang baru buat kita. Penggunaannya seolah sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kota dan pedesaan. Tidak terbatas hanya untuk sarana komunikasi pengganti percakapan lisan diantara dua orang. SMS saat ini juga ramai digunakan untuk voting, kuis, lelang, banking, order barang, promosi, undangan, dan masih banyak lagi.

Apa Kelebihan SMS?

SMS mempunyai kelebihan antara lain :

1.  Mudah diaplikasikan. Semua ponsel memiliki fitur SMS, tidak perduli apakah ponsel tersebut mendukung 3G, 3,5G atau HSPDA dengan fasilitas layar sentuh / touch screen ataupun ponsel jadul yang hanya memiliki 1 baris layar sederhana seperti kalkulator.

2. SMS juga tetap dapat terkirim walaupun ponsel penerima tidak dalam keadaan aktif dalam limit waktu tertentu (memiliki validity period).

3. Biaya yang relatif murah. Kita bisa memilih operator yang menawarkan paket pengiriman SMS dengan biaya yang sangat murah.

4. Pengiriman SMS umumnya juga cepat.

Apa itu SMS Gateway?

Istilah gateway secara arti harfiah adalah gerbang. Jika kaitkan dengan istilah di dalam dunia IT gateway adalah sebuah penghubung untuk melewatkan paket data.

Jadi SMS Gateway merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai gerbang yang digunakan untuk mengatur jalurnya masuk dan keluar Data SMS. Pertanyaan selanjutnya apa sih fungsi dari SMS gateway? SMS Gateway bisa digunakan untuk berbagai fungsi, misalnya untuk keperluan Server SMS, SMS Polling, SMS Massal, SMS AutoReply, SMS Pengaduan dll.

Apa itu Gammu?

OK sebelum membahas lebih dalam artikel ini, saya akan membahas secara rinci apa itu gammu. Gammu adalah dalah sebuah service yang digunakan untuk membangun aplikasi yang berbasis SMS Gateway. Setelah kita sukses mensetting aplikasi Gammu, maka kita sudah bisa membangun aplikasi SMS Gateway dengan bahasa pemograman dengan menggunakan platform apapun, baik itu web based seperti PHP atau juga dengan menggunakan desktop application seperti VB, Delphi dll.

Gammu sendiri adalah sebuah software yang “free and open source” artinya kita bebas untuk untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis alias tidak perlu membayar dan source code dari aplikasi ini bebas untuk kita modifikasi secara penuh untuk kemudian kita compile ulang sesuai dengan keinginan kita. Aplikasi gammu juga tersedia dalam berbagai macam platform sistem operasi windows dan sistem operasi yang berbasis unix.

Kemampuan gammu selain bisa untuk mengirim dan menerima SMS, Gammu juga bisa mengirim dan menerima MMS, mem-backup atau me-restore phonebook, serta upload dan download file ke HP. Gammu support untuk lebih dari 400 jenis HP. Kita dapat melihat list HP yang dapat disupport oleh Gammu di Gammu Phone List Database.

Untuk pembahasan selanjutnya tunggu artikel saya berikutnya : Cara Install Gammu di Komputer.

Sebagian dari artikel ini diadopsi dari : www.rosihanari.net

SMS Gateway, Visual Basic , ,

Security Code: